728x90 AdSpace

  • Latest News

    Minggu, 26 Februari 2012

    Pola Makan Sehat

    Makanan sehat adalah makanan yang tepat untuk memenuhi  nutisi yang dibutuhkan tubuh kita. Makanan sehat tidak hanya dari jenis makanannya saja tetapi juga pola makan yang harus kita atur dan juga porsi makan . Maka dari itu jangan biasakan makan tidak teratur
    Nah gan, berikut ini adalah beberapa tips pola makan sehat.
    Cekidot
    1. Konsumsi makanan yang kaya nutrisi.
    2. Dibutuhkan 40 jenis nutrisi untuk membuat tubuh Anda tetap sehat dan bugar. Pilihan makanan sehari-hari Anda seharusnya mencakup karbohidrat dan produk padi-padian penuh lainnya, buah-buahan, sayuran, produk susu serta daging, ikan atau makanan yang mengandung protein lainnya. Tepatnya adalah makanan 4 sehat 5 sempurna.

    3. Konsumsi padi-padian penuh.
    4. Buah dan Sayuran. Survey menunjukkan kalau kebanyakan orang tak cukup mengkonsumsi jenis makanan ini. Kita harus banyak banyak makan buah dan sayur supaya badan tetap segar saat beraktifitas

    5. Atur berat badan agar seimbang.
    6. Berat badan yang sesuai untuk Anda tergantung pada banyak faktor, termasuk jenis kelamin, tinggi badan, usia dan keturunan. Kelebihan berat berat badan membuat tekanan darah Anda meningkat, menyebabkan sakit liver, stroke, diabetes, dan beberapa jenis kanker atau penyakit lainnya. Tapi memiliki tubuh terlalu kurus juga bisa menyebabkan osteoporosis, ketidakseimbangan menstruasi dan masalah kesehatan lainnya. Jadi kita harus menjaga berat badan kita agar seimbang.

    7. Makan dalam ukuran yang layak.
    8. Anda harus memperhatikan ukuran makanan anda supaya Anda tetap sehat.

    9. Makan teratur.
    10. Ngemil di antara jam makan adalah satu-satunya cara yang dapat membantu Anda mengatasi rasa lapar, tapi jangan makan camilan berlebihan. Karena bisa menyebabkan obesitas.

    11. Kurangi, bukan membatasi porsi makan anda.
    12. Sebagian besar orang menyantap makanan untuk menyenangkan diri. Jika makanan favorit Anda jenis yang tinggi lemak, garam atau gula, kunci untuk menjadikannya layak. Periksa terlebih dahulu kandungan dalam diet makanan Anda dan ubahlah jika itu perlu.

    13. Seimbangkan pilihan makanan anda.
    14. Tidak semua makanan harus sempurna. Saat Anda menyantap makanan tinggi lemak, garam atau gula, pilih yang bahan-bahannya paling rendah.

    15. Mengetahui kesulitan program diet anda.
    16. Perbaiki kebiasaan makan Anda, pertama kenali apa yang salah dengan pola makan Anda.

    17. Buat perubahan secara bertahap.
    18. Tak pernah ada 'makanan super' atau diet sehat yang mudah, jangan mengharapkan bisa langsung menghapus kebiasaan makan Anda dalam semalam. Anda harus melakukan perubahan setahap demi setahap hingga mencapai hasil positif.

    19. Ingat, makanan bukanlah kebiasaan buruk.
    20. Pilih makanan yang didasarkan pada pola makan total Anda. 


    Terima kasih sudah mau membaca blog ini gan .
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Pola Makan Sehat Rating: 5 Reviewed By: Ican
    Scroll to Top