728x90 AdSpace

  • Latest News

    Kamis, 22 Oktober 2015

    Tips Mengatasi Cegukan


    Cegukan sangat membuat kita risih.Hampir semua orang pernah mengalami cegukan. Bila berlangsung sebentar saja, maka cegukan bukan merupakan masalah. Tapi bila ternyata gejala ini berlangsung lama, hal ini dapat menyebabkan insomnia dan kelelahan.

    Sebenarnya apa sih yang terjadi dalam tubuh kita saat kita cegukan? Ketika seseorang cegukan, terjadi kontraksi antara otot-otot diafragma dan otot-otot di antara tulang rusuk (intercostalis), hal tersebut yang menyebabkan gerakan menarik nafas namun diikuti dengan menutupnya Glottis (katup saluran napas) secara tidak normal sehingga terdengarlah suara cegukan itu.

    Penyebab terjadinya cegukan  adalah :
    1. Merokok
    2. Stress
    3. Alkohol
    4. Tertawa yang berlebihan.
    5. Minuman berkarbonasi
    6. Makanan pedas 
    7. Banyak menelan udara
    8. Peregangan saluran cerna
    9. Iritasi pada saraf frenikus dan vagus (penyebab tersering). 
    Banyak cara dilakukan orang untuk berusaha menghilangkan cegukan. Secara teoritis, prinsipnya adalah dengan mengupayakan adanya interupsi lengkung refleks cegukan. Berikut ini beberapa cara yang kerap dilakukan :
    1. Kadar karbondioksida yang tinggi dalam darah dapat mengatasi cegukan. Caranya adalah dengan bernapas dalam sebuah kantong kertas. Tiup dan hirup sebanyak 10 kali dengan cukup kuat sampai wajah memerah. Lakukan dengan cepat, dan usahakan kantong kertas tertutup rapat sehingga tidak ada udara yang masuk ke dalamnya. Selain itu dapat juga menahan napas selama mungkin, lalu menelan ketika cegukan dirasakan akan datang. Lakukan sebanyak 2-3 kali kemudian tarik napas dalam dan mulai lagi.
    2. Melakukan pijatan ringan dengan jari telunjuk pada kedua sisi leher (pemijatan sinus karotis), tarik napas dalam lalu minum 10 tegukan air saat tidak bernapas, minum air dalam posisi membungkuk serta masih banyak lagi tehnik yang dapat dilakukan untuk menghilangkan cegukan.
    3. Menelan satu sendok teh gula pasir kering dapat menghentikan cegukan dalam beberapa menit. Diduga, gula dalam mulut akan mengirimkan sinyal melalui serabut saraf yang akan mengganggu lengkung refleks cegukan.
    Apabila cegukan tidak sembuh  dalam beberapa jam atau hari, maka dipelukan pengobatan. Beberapa obat yang dapat digunakan untuk menghilangkan cegukan diantaranya adalah klorpromazin, metoklopramid, antikonvulsan (fenitoin, asam valproat, karbamazepin). Pada kasus yang berat, digunakan baclofen, sebuah obat anti spasmodik, untuk menghentikan cegukan. Tentunya penggunaan obat-obatan ini harus dengan petunjuk dokter, sebab obat-obatan tersebut juga memiliki efek samping yang perlu diwaspadai.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Tips Mengatasi Cegukan Rating: 5 Reviewed By: Kado Lampu
    Scroll to Top