728x90 AdSpace

  • Latest News

    Rabu, 11 Juli 2012

    Air Mata



    Kita pasti tau air mata, dan pasti mata kita pernah mengeluarkan air mata. Tapi, nggak banyak orang yang tahu tentang air mata. Yuk kita cari tahu tentang air mata.
    Di atas mata, tepatnya diatas pelipis, ada sebuah kelenjar. Nah, kelenjar inilah yang menghasilkan air mata. Melalui saluran- saluran dibawahnya, air mata masuk ke dalam mata. Ketika kita mengedipkan mata, air mata akan menyebar ke seluruh permukaan mata. Dengan begini maka mata kita akan menjadi lembab, bayangkan apabila mata kita kering pasti sangat pedih sekali. Selain itu air mata juga membersihkan mata dari kotoran juga kuman.
    Air mata juga akan turun ke sudut mata bagian dalam, di dekat batang hidung. Disitu juga terdapat saluran air mata menuju bagian hidung. Melalui saluran ini air mata dapat keluar. Maka dari itu saat kita menangis hebat air mata juga akan keluar dari dalam hidung.
    Meskipun sama- sama keluar dari mata tapi air mata juga ada jenisnya looh
    Yang pertama air mata basal, air mata ini fungsinya untuk melembabkan mata dan melindungi mata dari debu.


    Kedua, air mata refleks. Air mata ini keluar karena ada benda asing yang masuk ke mata, entah benda kecil, sinar, zat atau gas yang masuk ke dalam mata. Contohnya saat kita mengiris bawang merah. Fungsi air mata ini membersihkan zat-zat yang mengganggu mata.
    Ketiga, air mata emosional atau tangisan. Kita pasti kenalair mata yang ketiga ini. Emosi yang kuat, penderitaan, duka cita, rasa sakit yang mendalam menyebabkan keluarnya tangisan. Biasanya air mata emosional diiringi dengan wajah yang memerah dan isakan. Air mata saat kita menangis lebih banyak berisi hormon dan protein pembunuh rasa sakit, jadi tidak heran jika setelah kita manangis rasa sakit dan emosi menjadi reda.
    Itulah tadi sedikit tentang air mata, semoga bermanfaat buat kita semua.




    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Air Mata Rating: 5 Reviewed By: Kado Lampu
    Scroll to Top